Jurnal 4 Tahap Kupu-Kupu

Pertemuan pekanan dengan mentor kali ini aku menyampaikan hasil dari bacaan buku yang berjudul 7 Habits of Highly Effective People karangan Stephen Covey, sesuai dengan rencana belajarku di minggu ke-4 ini. Sebenarnya aku tdiak benar-benar membacanya, karena waktu yang terbatas dan aku belum mempunyai bukunya (di Bahrain toko buku sedang tutup karena kasus covid yang sedang tinggi pada saat itu). Akhirnya aku mencari ringkasannya di YouTube dan menemukan sumber yang cocok. Setelah ku pahami, aku menyajikannya dalam bentuk slide show berikut. Kapan-kapan aku share ya di media sosialku.

7 Habits for Highly Effective People by Tami Astie Ulhiza

Setelah presentasi yang dilanjutkan degan diskusi, kami mulai mengerjakan tugas untuk pekan ini.

Pekan ini judulnya adalah curhat-curhatan bareng mentor. Tugas kali ini, kami diminta untuk berbicara dari hati ke hati mengenai perjalanan mentorship sejauh ini. Ada 3 hal yang harus kami diskusikan bersama:

  1. Apakah kami sudah cukup jujur dan terbuka tentang tantangan,pemahaman, dan keterampilan mengenai informasi ide dan saran?
  2. Apakah waktu pendampingan sudah menjadi prioritas bersama?
  3. Apakah sudah menyusun daftar prioritas untuk didiskusikan selanjutnya?

Aku meminta evaluasi dari Mbak Dhona, apa yang sejauh ini ia rasakan. Menurut Mbak Dhona, ia merasa sangat nyaman dan terbantu dengan jam kerja yang sudah kita sepakati. Kebetulan mentornya Mbak Dhona sangat sibuk, jadi progress report yang aku lakukan tiap minggu menjadi bahan referensi untuk mentorship pekanan Mbak Dhona dengan mentornya.

Aku senang karena bisa membantunya secara tidak langsung. Aku juga sudah merasa nyaman dengan jadwal yang teratur ini. Selasa aku mencerna tugas pekanan, Rabu aku mempersiapkan bahan untuk mentorship, Kamis mentorship, Jumat mengerjakan jurnal. Tidak apa-apa pelan-pelan, yang penting terus ber-progress. Kalau kata bu Septi, one bite at a time. Alhamdulillah, waktu pendampingan ini menjadi prioritas kami berdua

Mengenai daftar prioritas, dari awal aku sudah membuat rancangan kerja yang akan dilakukan selama 5 minggu (bulan Juli), dan kita sudah bersepakat disitu. Tinggal realisasinya :).

About Tami
Full time housewife. Part time student. Amateur chef. Advanced gourmet

Leave a comment